UWC SELEKSI TAHAP 3 (end)

04.03.2018



Well i bet you guys already bored with this topic, but i promise thi is the last one heheh.. anyway let's get into the story! and if you haven't read the first and second post you can simply click here
➡ UWC Seleksi Tahap 3 (1)
UWC Seleksi Tahap 3 (2)

Setelah kemarin all day stay di Oria Hotel, buat interview, hari ini kita pergi ke rumah singgah buat cancer survivors CISC. Kita disini kayak percobaan doing SA buat IB Curriculumnya. As you guys know, di IB Curriculum kita juga dituntut buat sering ngelakuin social activites atau SA itu tadi. Dan disini kita dituntut untuk bikin acaranya sendiri dan all the preparation.

Seperti hari sebelumnya kita breakfast jam 8 dan jam 8.30 kita kumpul di lobby depan sambil bawa semua propertinya. Di SA ini kita di temenin sama Kak C.H alias kak Christian, Kak Nadia dan Kak Beatriz native yg dari Spanyol kemarin. Kita berangkat ke lokasi naik Grab dibagi jadi 3 dan aku berangkat bareng mobilnya kak Bea. Di mobil sempet awkward but yeah because kak Bea so humble they ask us some question and the conversation is just going down smoothly. Ternyata kak bea ini semacam Kedutaab yg dari Spanyol dan kantornya kak Bea cuma beda 4-5 gedung dari Oria Hotel. Aku lupa udah pernah bilang apa belum, tapi kak Bea ini lulusan UWC yg di Atlantic, Italy sama kayak kak C.h dan kak Olizia yang kmrn nge interview aku.

Setelah sampe di tempatnya, kita jadi pertama yang sampe sana. Jadinya kita nunggu buat grupnya kak C.h sama kak Nadia. Nah di saat kita nunggu nih kak Bea banyakk banget cerita. Entah yang culture shock, roomate dia waktu di UWC,  academic IB Curicculum nya susah apa nggak, trs juga tentang masalah masalah dan peraturan dorm disana. We learn a lot from her.

10 menit nunggu, akhirnya kak Nadia sama kak C.h sampe dan kita langsung ke rumah singgah CISC nya. Acara dimulai dengan perkenalan pake Ice Breaking. Jadi perkenalannya pake kertas gitu kyk SPOK games gt lah wkwk. Ini berjalan lancarr sihh trs abis perkenalan kita sharing sharing sambil membagikan rambutan yang udah kita beli tadi malem dan ada jajanan dari kak c.h yang kita bagiin juga. Oiya disini kita sebenernya mau bawain buah buahan, tp kemarin pas dinner gak nemu orang yang jual buah, akhirnya kita bawain sembako gitu kayak gula, minyak, teh, kopi, dll. Awalnya kita ngira ibu sama bapak yang ada di CISC agak kecewa tapi ternyata mereka seneng banget dikasih sembako, soalnya kemarin team Hatta nggak bawa sembako mereka cuma bawa makanan gt.

Setelah sesi sharing, aku jadi kenal sama Ibu Leni, Bapak Aji Sucipto, Ibu Agus, Kak Jessica, dan masih banyak lainnya. Disini mereka cerita tentang keseharian mereka dan how they survived about the cancer. Banyak banget pelajaran dan hal baru yang aku pelajari disini, sebut aja aku yang biasanya dikit dikit ngeluh setelah sharing dengan ibu bapak CISC aku jadi lebih bersyukur dengan apa yang udah aku punya sekarang. Selain itu juga aku ngerasa batin aku tergerak untuk do something about this cancer survivors in the future. Well yrah because i can't do anything about it now, i promise i'll do something for them soon.

Lalu dilanjut ada games asik seperti sambung kata dan tebak gambar. Disini Ibu dan Bapak CISC terlihat seneng banget dan bahagia banget. Ada yang ketawa lepas banget sampe mau nangis. Gimana gak seneng, gambaran Ibu Bapak CISC kocak kocak ada yang jeleekkk banget sampe gaada yang bisa nebak, tapi ada yang buagusss banget sampe satu detik udah ketebak. Aku dan temen aku dari tim Soekarno seneng jugaa bisa bantu Ibu Bapak CISC disini lupa sejenak akan masalah yang mereka miliki dan berbagi kebahagiaan canda tawa bersama seharian ini.

Waktu menunjukkan pukul 12.00 yang artinya banyak dari Ibu Bapak disini untuk istirahat. Akhirnya acara ditutup dengan lunch bersama dan setelah makan siang dilanjutkan untuk penutupan resmi dengan doa dan persembahan dari kami tim Soekarno serta yang paling akhir ditutup dengan bernyanyi bersama dan sesi foto. Jam 13.00 pas kami semua pulang dan harus meninggalkan keluarga baru kami sampai kita bertemu lagi. Terimakasih UWC telah memberikan banyak hal dan pengalaman berharga serta keluarga baru bagi kami. 

20 menit perjalan untuk kembali ke Hotel. Sesampainya di hotel kita dikasih waktu break dan jam 14.30 wajib kumpul di ruang Emerald 2 buat review kegiatan SA tadi sama kak C.h, kak Bea, dan kak Dinda. Lalu kita nunggu beberapa anak Hatta yang lagi Interview, dan jam 15.30 kami semua kumpul di ruang Emerald 1 lagi untuk closing, pemberian merchandise ke panelist, judges, dan  psychology yang udah bantu rangkaian seleksi ini. Kita juga sebagai participants dapet sertifikat tiap siswa. Sesi penutupan ditutup dengan foto session dan kegiatan UWC Seleksi Tahap 3 resmi selesai dan kita dibebaskan dari segala kegiatan.

Awalnya tim Soekarno rencana mau pergi ke GI atau Grand Indonesia, tapi karena cukup jauh dan harus naik Grab, kita mutusin untuk cerita cerita dan makan bareng di kamar salah satu dari kita dan pesen Go-food.  Selain itu juga banyak dari tim Soekarno yang harus pulang jam 8 malem, So yap we spend the last night in tiny room and eating Richeese Factory together with full of laughter

Last aku check-out dari Oria Hotel di hari Senin paginya setelah breakfast terus siap siap, jam setengah 12 siang aku check-out dan ke rumah bude aku bentar sambil nunggu flight pesawat jam 17.50 di Bandara Halim Perdana Kusuma. And then this story ends when my plane finally arrived in Surabaya. Eventhough i'm not ready to back to reality but yeah, that's the reality we can't avoid it. At least i learned much more than you guys could imagine. It has been remarkable memory with such a good people to met and many experiences i'll never forget.

end/.

Komentar

  1. yang masuk seleksi tahap 3 lolos semua atau cuman yang terpilih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang lolos rata rata 9-12 orang per tahunnya

      Hapus
  2. Kakak sebelumnya ikut activity sama organization apa aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah sempet aku tulis di salah satu postingan aku di blog ini, akui kut OSIS sejak SMP dan di sma aku aktif juga di organisasi luar sekolah seperti Provoke Magazine dan World Merit Indonesia chapter Surabaya. Tapi gaharus kamu ngikutin aku ikut organisasi yang banyak ya, cari interest kamu sendiri, kamu suka ngelakuin hal di bidang apa...

      Hapus
  3. hi there! saat mendaftar dulu kamu minta general referencenya ke siapa? soalnya aku tahun kemarin aku gajadi daftar karena bingung minta reference ke siapa.
    thanks in advance!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wait reference buat apa ya? surat rekomendasi apa gimana? kalo buat surat rekom kan e kepsek, satu guru sama satu adult

      Hapus
    2. iyaa surat reference/rekomendasi buat daftar ke uwc maksudnya 😂. kan ada 3 tuhr: pincipal; minta-nya ke kepsek, teacher; minta-nya ke guru, dan general. nah aku nanyanya yang general ini saat dulu kamu mendaftar mintanya ke siapa? ke pembina ekskul kah? ke tutor di bimbel kah? atau bisa ke anyone whom considered as *adult*? maaf kalau membingunkan, thank you~

      Hapus
  4. Kak ingin nanya, selama seleksi tahap 3 kaka menggunakan bahasa full inggris atau indonesia?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer