oh been a week here...

Hi Algos!
Apa kabar? Bagaimana kabar Indonesia? 
Sedih rasanya tidak bisa menikmati kemeriahan Asian Games 2018 disana...
guess what? i'm doing (pretty) fine here..

there has been a lot going on here 
sejak pertama dateng kesini sampe sekarang udah seminggu disini
and guys, i'm trying to be honest here
the one that you guys see in my youtube video, instagram story...
gak seindah realita guys haha 

Gamungkin gaada struggle disini at least buat aku
there is a lot. Struggle. 

okay i don't know how to start but one thing for sure, aku belum ngerasa ini 'rumah' aku buat 2 tahun kedepan. Aku ngerasanya ini cuma trip sebulanan yang ntar aku bakalan balik ke indo ke smala. Ya gamungkin juga si aku ngerasa ini rumah aku dalam waktu cuma seminggu. Salah satu second year bilang dia bisa adjust disini dan ngerasa ini bener bener rumah setelah 3-4 bulan.

as you guys know, i'm not a fluent speaker. at all. gue masih struggle disini buat ngomong sama orang orang disini. itu masalah utama gue. Gue bukan tipe yang malu buat mulai percakapan, cuma karena gue kendala masalah bahasa, jadi gue gabisa ngomong banyak dan lebih banyak nyimak. Gue juga belum kenal banyak orang disini. ada si beberapa yg udh klop n deket banget. but tetep aja gue itu tipe orang yg 'performer' kek org harus tau gue exist disini, bukan cuma salah satu siswa di uwcusa, tapi 'oh iya itu rara'... Gue orang yang kayak gitu dari SD ampe sekarang. So disini kinda hard for me at first. Perasaan gue harus dikenal dalam waktu orientasi yang kurang lebih 2 mingguan jadi beban buat gue at first. Bahkan mungkin sampe sekarang idk. but guess what? i've learnt something really important for me.

You won't able to please everyone. Take a small step rather than big step, there's plenty of time take it easy girl. This is part of uwc experiences. Ini salah satu proses pendewasaan lu buat jadi manusia yang lebih baik. Jujur, gue 3 hari awal disini tlp mama gue pertama kali langsung nangis. Kinda homesick but yeah karena masalah tadi. tapi gue sekarang fine fine aja. udah happy dan menerima apa yang gue punya sekarang. Belajar pelan pelan. Everything will be fine. i kept telling that words into my head. oke gue agak belibet tapi yang mau gue tekanin disini itu, ITS OKAY TO MAKE MISTAKES

gini ya, lu gabakal berkembang kalo lu 'baik baik saja dan selalu benar' lu pasti bakal ngerasain perkembangan dalem diri lu disaat lu 'nggak baik baik saja dan ngelakuin kesalahan'. it's fact. Dan untuk berkembang lu butuh pengorbanan. Emosi, Pikiran, Usaha. 

Gue disini disaat down, gue berusaha cari selingan atau ngomong ke orang tentang masalah gue. Gue cerita ke National Comittee gue ttg masalah ini dan Kak Em know how to make you better. Advices yang gue dapet guna banget bagi gue. Thanks Kak Em if you read this!! gak lupa juga cerita ke keluarga!! Gue juga balik ke Kdrama Kpop yang jadi selingan gue. BTS songs help me a lot. Album barunya dan lagunya yang I'm fine sama Answer: Love Myself help me through this. coba dengerin baca arti liriknya, lu gue jamin bakal ngerasain somehow kind of support through the song.

Sorry ya kayaknya tiap post gue, gue ceritanya dikit banget tp kebanyakan bacot nyeramahinnya. Tapi beneran gue disini berusaha buat berguna bagi orang lain. itu rules dan motto hidup gue. Dan dari pengalaman yang gue lalui, gue ngerasa ada point bagus yang HARUS gue share ke orang lain. 

Okay next, about uwc usa selama seminggu ini. Hmm Kegiatannya lumayan padet. ada beberapa poin yang mau gue bahas pendek pendek aja disini.

pertama, gilak disini sampah bener bener peduli semua. Sampah dipisahin yang bisa didaur ulang, kardus kardus (beda lo yg bisa didaur ulang itu botol plastik, can softdrink, kertas putih kyk bekas print print an, kardus beda tempatnya), kompos yaitu sisa makanan. Gilaksi mereka care bgt aja dengan hal yang namanya 'sampah'

kedua, disini bondingnya emang kerasa banget. Semua orang berusaha kenal satu sama lain memulai percakapan meskipun gapernah ketemu sebelumnya. gue ngerasain ini tp blm bisa ngerasain full experience nya, so i may be little bit late but there is nothing wrong with that! it's normal!! aku kabarin lagi deh di blog ini progress nya nanti.

ketiga, gue ngerasa di uwc-usa ini punya basic atau dasar program yang jelas. i mean disini itu ada peraturan jelas dan organisasi organisasi yang mengurus hal hal yang beda. Jadi misal ada yang namanya ASAP. Mereka ngurusin tentang anak anak uwcusa yang punya masalah atau habit tentang alcohol, drugs, dll. mereka juga confidential banget, kalo lu ada kecanduan atau punya niat pengen ngurangi atau berhenti, lu bisa ngomong ke salah satu member ASAP dan mereka bakal jaga rahasia lo. anyway member nya itu second year yaa!! it works all the same with SWEET. Cuma kalo sweet ini lebih tentang yang how to safely sex dll. Jangan kaget guys, itu hal biasa di luar negeri. ada lagi yang namanya LGBTQI+ ini lebih ke yang sexual identities gitu. atau kalian pernah denger Queer Comunity atau pansexual, asexual, omnisexual, dll. Kepo artinya apa? ada google, jangan males hayo! Disini juga ada yang namanya Residental Life: Mental Health  dari judulnya aja keliatan, yupp ngurusi mental health dan segala tetek bengeknya termasuk kalo butuh counselors mereka ada dan free tinggal bikin janji lewat email. See? semua yang kita butuhin ada disini.

Terakhir ada CEC Bartos Institute (Constructive Engagement of Conflict Bartos Institute) disini mereka njelasin gimana kita menghadapi conflict. gimana kita harus bisa nge embrace konflik jadi hal positif bukan negatif yang bisa ngerusak pertemanan dll, Ngajarin cara cara menghadapi nya seperti Avoiding, Accomodating, Collaborating, Competing, Comprimising. Aku suka aja gimana disini struktur nya sangat tertata dengan baik dengan basic knowledge yang kuat dan teori yang emang bagus. Berharap banget indonesia suatu saat bisa punya foundation yang sebagus ini.

It's all about how to be a better person and face the reality and commit in our community, not how to be the best student to get good grades and go to good college have a good job and get everyone acknowledgement.


Itu sih yang bisa aku ceritain sekarang. Ini masih masa orientasi, jadi that's why aku ada waktu buat ngeblog dan bikin video, but once IB mulai, idk if i could get you guys updated. I'll try my best guys. i'll share all that experiences as much as possible. Thanks for read this post, and if any of you have question or want to discuss about something don't hesitate to send me an e-mail raradzikrinaisti@gmail.com jangan dm aku karena aku jarang bales. Di email aku bakal jawab secepat yang aku bisa! tenang aja aku gak ngacangin kalian kok!! see you in another post!!




Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer