Berbagi itu Indah

05.08.2018
Assalamualaikum wr. wb. 

Halo temen temen semua dan pembaca setia Algos!! Jadi kali ini aku bakal jawab pertanyaan yang banyak muncul di request dm, email or even wa aku setelah NC ngepost di intagram @uwc_indonesia . Jadi karena aku gamungkin bisa balesin satu satu, jadi aku mutusin menjawab pertanyaan kalian jadi satu di post ini. 

DISCLAIMER : after you read this page, you can search in google and youtube about uwc experiences as much as you can (as a prove to yourself that you are genuinely want to participate in this program to achieve your dreams) whether it's about the selection process, requirements, or tips how to apply in uwc next year. After doing research, you can ask me by comment in this post rather than dm me through instagram. I'll answer as much as i can to the best of my knowledge. Thankyou.

Okay let's start! 
"cerita dong kak pengalaman bisa masuk uwc usa" "strategi kakak waktu daftar uwc?" "gimana sih caranya buat apply dan keterima di uwc usa kakk?" "minta sharingnya dong kak buat nyiapin uwc" "tips buat dapet beasiswa uwc?" "apa aja yang harus dipenuhi kalau mau dapet beasiswanya?"

kurang lebih itu sih yang aku dapet dari dm instagram. Ada juga yang cuma dm bilang congrats, siapapun terimakasih atas ucapannya doakan saja bisa membawa dan menjaga nama Indonesia dengan baik🙏 Oiya aku bakal jawab pertanyaan pertanyaan diatas jadi satu dan nonteknis nya aja ya, buat yang teknis teknis bisa di cek di web uwc kok , so baca sampe abis ya jangan cuma sampe tengah karena nanti informasi yang tersampaikan juga gabisa sempurna.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Kalo kalian tanya dari mana aku tau uwc dan  hal hal yang perlu disiapin saat apply online, aku udah bikin postingan tentang itu di Mencoba Peluang. aku juga udah pernah bikin postingan tentang pengalaman aku waktu interview. Kalian bisa click aja di labels inf.o disitu berisi pengalaman aku ttg uwc + ngurus visa amerika. 

Sebenernya aku sendiri bingung harus mulai dari mana. Tapi hal pertama yang pingin aku sampein ke kalian... SEARCH SEARCH SEARCH!!! ibaratnya gini deh, kamu mau beli sepatu yang baguss banget dimana buat dapetin sepatu itu km harus usaha dengan menabung. Sama kayak kalo kamu ingin jadi bagian dari uwc, kamu harus usaha salah satu bentuknya adalah searching tentang uwc sebanyakkkkk banyakkkk nyaa!! i mean it. aku bahkan dulu ngehabisin hampir seharian penuh buat cari tau apa itu uwc.. dan itupun terus sampe hari hari berikutnya.. sama juga kayak kalo kamu mau masak sesuatu, kamu harus tau dong bahan bahan apa aja dan gimana cara masaknya. it goes the same with this, kalian harus tau apa yang bakal kalian hadapi bakal kalian lalui kalo kalian beneran niat apply di uwc. Anyway link pertama yang harus kalian tuju link ini nih kalo mau tau ttg uwc, baca semua sampe abis jangan males baca! kalo perlu dicatet dah tuh poin poin pentingnya because that's what i did back then :)) 

Terus yang kedua, yang perlu kalian siapin bagi aku sih banyakin 'aspect'. Gini ya, aku dari SD sampe SMA ini emang anak yang aktif dan semua kegiatan aku ikutin mulai dari baca puisi, teater, olimpiade, basket, osis, organisasi luar sekolah, event seperti zetizen summer challenge, jadi representative of Provoke Magazine, dan masih banyak lainnya. Itu juga karena orang tua aku emang sangat support dengan apapun yang aku lakukan buat cari pengalaman sebanyak mungkin so mereka jarang banget ngelarang aku keluar buat berkegiatan asal gak lagi sakit aja. That's what made me who i am today. Banyakin aja kegiatan kegiatan intinya pengalaman hidup lah mulai sekarang. But inget, yang emang itu KAMU BANGET. yang emang kamu tertarik dan ada passion disana. kalo kalian suruh aku main gitar dan nyanyi, sori aku gabisa karena passion aku emang bukan di musik. Aku lebih suka organisasi, planning something, branding something, be the representative, a speaker, a writer. Jadi kalian harus mulai cari tuh apa sih passion kamu, apa yang kamu mau, kamu tertarik di bidang apa. 

Terakhir, it might sounds so lame but yeah BE YOURSELF and DOA DOA DOA   
are the best advices i could give to you. Waktu isi essay saat apply nanti, isi aja dengan apa adanya. They don't need a perfect essay. isi semenarik mungkin gaperlu dibagus bagusin zuzur aja and be proud of yourself!  then how about the english essay? Lemme be honest with you, as you guys know dari post post an aku sebelumnya, i'm suck at English. Jadi aku dulu nulis sebisa aku dengan tetep ngecek grammar dan kalo misal ada suatu phrase yang gatau cara nulisnya, cari di google, tanya guru, tanya temen yang udah pro b inggrisnya, its okay! asal isi essay itu truly bener bener kamu sendiri yang mikir dan dari pengalaman asli kamu. 

kalo udah selese dengan online applicationnya, tawakal aja sama Allah. Serahkan semua keputusan di tangan Yang Maha Kuasa. You've already done your best! be proud of it bcs we always be proud of our sister, friend, family, but we never truly appreciate what we've done! Kalo ini emang jalan mu pasti bakalan lolos ke tahap wawancara. If not, then trust me God has better plan for you. 

if you passed and got invited to the interview stage, i'll extremely recommend you to look at what you write in your essay. Jadi waktu kalian isi essay di online application itu save jawaban kalian dan pertanyaan mereka just in case kalo misal kalian masuk ke tahap wawancara itu bakal guna banget. Terus yaudah tinggal ikuti proses nya by simply be yourself hehehe... serius gaada yang perlu dikhawatirkan... di tahap wawancara ini NC (National Committee) itu mau lebih mengenal kamu secara personal, tau interest kamu dimana, apa yang mau kamu lakuin for your future, your plan, etc. Just be true to yourself and you will be the brightest star out of the other applicants.

Setelah tahap wawancara selesai, yaudah disini bukan logika lagi yang main. Disini Tuhan yang mengatur, jadi gaada yang bisa kita lakuin selain perbanyak doa dan berharap yang terbaik buat diri kamu sendiri. That's all! 

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

i know what's on your mind guys. "kalo aku masih ada yang gapaham dan ada yang mau ditanyain gimana..." easy, comment dibawah insyaAllah bakalan aku jawab asalkan bukan pertanyaan general yang jawabannya udah ada di web uwc indonesia like "perlu dokumen apa aja si kak buat apply?" nope. i won't reply to those kind of comment. Be a smart people guys kebiasaan netizen indonesia tuh males baca jadi asal nanya aja, But i'm sure kok kalian udah cari cari banyak tapi belum nemu pertanyaan yang ada di otak kalian waktu comment di postingan ini.   

Segitu dulu deh postingan nya, panjang banget gilak tapi semoga pertanyaan kalian bisa terjawab yaa!! Thank you! Wassalamualaikum wr. wb
Till we meet again Algos!


Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk tes tes akademik waktu intake tahun aku si nggak ada, cuma perlu ngirim rapot waktu online application. Tapi inget ya tiap tahun proses seleksi nya juga beda beda^^

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer