Mencoba Peluang

03.02.2018
Tak terasa sudah memasuki bulan Februari yang artinya pengumuman seleksi tahap I akan segera di umumkan oleh Indonesia National Community. Awalnya aku bahkan gatau apa itu UWC (United World Colleges) namun aku ingat jika Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan atau yang kita kenal dengan iqbaal CJR lagi sekolah dengan beasiswa yang diberikan UWC di New Mexico, USA. Namun aku hanya mengetahui sebatas itu sampai suatu hari ada kakak kelas ku yang ternyata juga mendapat beasiswa UWC ini di India datang kesekolah. Dan saat itu aku diajak temen aku buat ketemuan sama mbak Safira buat tanya tanya tentang uwc.
Setelah tanya tanya banyakk, ternyata daftar UWC ini dibagi jadi 2 proses. Tahap seleksi I atau seleksi berkas lalu tahap seleksi II atau tahap akhir. Masalahnya saat aku tanya tanya ke mbak safira itu tanggal 4 januari sementara penutupan registrasi dan pelengkapan datanya terakhir tanggal 17 januari jam 5 sore. Form berkas di tahap I bukan cuma ngumpulin file file kk rapot dll, tapi juga ada ± 9-11 essay yang haru diisi dan surat rekomendasi yang ngurusnya sendiri butuh waktu lama dan panjang karena berurusan langsung dengan kepala sekolah.

Awalnya saya masih ragu dan tidak yakin untuk mengikuti UWC ini karena aku yang gak pede sama Speaking Skill ku, UWC yang katanya merit-based scholarship atau beasiswa yang difokuskan pada prestasi, waktu deadline yang mepet, banyaknya essay yang harus diisi, dan kegiatanku sebagai wakil II OSIS di sekolah yang lagi padat padatnya. Namun alhamdulillah tanggal 10 januari aku membulatkan tekad berkat vlog dari gitasav blogger favorite ku sejak jaman dahuluu dan mimpiku yang sudah lama aku impikan sejak smp yaitu study abroad. Dengan sisa waktu seminggu aku mengebut persiapan documents, essay, recommendation form, dan hal hal lainnya. Bahkan tanggal 17 januari kondisi recommendation form myang untuk kepala sekolah belum juga di submit. Akhirnya Alhamdulillah jam 16.48 aku sudah menyelesaikan semua file yang harus diisi meskipun harus menunggu kepala sekolah yang super duper sibuk sejam jam 1 di sekolah.

Oiya aku juga mau share apa apa aja yang perlu aku isi buat bisa apply di 2018 UWC Application. Oiya tiap tahun beda ya apa apa aja yang perlu diisi tapi document basic kayak rapot, kk, biodata orang tua, dll juga masih ada. Langsung aja SELEKSI TAHAP I dibagi jadi 5 sesi :

  • Section A 
    • List all 17 UWC School
    • List formal education or institution
    • Latest semester, score all subject and avarage score
    • Activities in school and outside school
    • Achievment in school and outside school
    • Essay
      1. How do you see yourself after high school, career plan and what kind of person you want to be in the future?
      2. Please share with us a brief information on your interest. Do you have a strong musical, craft or artistic, or other interest?
      3. What are your favorite activities outside of school? Do you involve in any community activity around you, and what are your roles and responsibilities of your participation?
      4. What do you consider your 3 best qualities? and 3 areas you would like to improve? Explain why.
      5. Describe any special interests / hobbies / talents which you would like the Selection Committee to know about
      6. What do you consider your best accomplishment(s)? Please share with us

  •  Section B
    • Essay 
      1. Tell us about yourself and your background, including family and friends. Who are you and what makes you (in your opinion) stand out more than the other applicants? Please share one of your many interesting and memorable stories about yourself.
      2. What do you see as a major challenge faced by your generation? What do you think you can contribute back to your community, your National Community, and or your country after UWC? What do you want to do and how (with the knowledge you have about UWC and stories you heard from your sources) would you want to do it?
      3. What does being in a UWC school mean to you? And what do you think you can create with your UWC degree after you graduate? How do you think you can actualize the UWC values and experiences in your everyday life, during UWC or after you graduate?
  •  Section C
    • Parents Profile
    • Question 
      1. Please give a brief description of any medical or mental health concerns, physical impairments, serious illnesses or allergies that the applicant may have had:
      2. Please list any special dietary requirements that the applicant may have for medical, religious or ethical reasons?
  •  Section D
    • Recomendation Form (Full name, Email, No telepon)
      1. Principal
      2. Teacher
      3. General
  • Documents
    • Rapot 4 Semester terakhir
    • Mock Trial Exam (kalo ada)
    • Toefl (kalo ada)
    • Piagam achievment
    • Foto diri
    • KK
    • KTP Orang tua
Kurang lebih seperti itu yang perlu diisi kalo ingin mendaftar. Doakan aku biar bisa lolos ke tahap akhir ya!! Pengumumanya pertengahan februari, dan kalo sampe akhir februari gak dapet email berarti aku ga lolos tahap akhir. Kalo aku lolos tahap akhir tenang ajaaa, langsung aku blog in tapi kalo gaada lanjutannya post ini, berarti well i've another chance in another place. 


Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. ka kalau boleh tau mock trial exam itu apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trial exam itu kayak gladi resik buat the big exam (IB exam). Nah mock trial exam itu gladi resiknya lagi trial exam. Jadi kasarannya kalo di Indo, IB exam = UNAS, Trial Exam = semacam UAS tapi didasarkan materi IB Exam/UNAS. Nah Mock trial exam = latihan buat UAS. Ini bisa jadi kayak latian2 soal paketan gitu per materi, dll

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer